Senin, 05 Maret 2012

Cara mengatasi windows xp restart terus setelah install update windows xp sp3

Berikut adalah cara memperbaiki windows xp yang restart terus setelah install windows xp sp3, cara ini berhasil membuat saya membatalkan proses install ulang xp yang membosankan :)

Langkah awal untuk mendeteksi apakah ada kerusakan hardware atau hanya kerusakan software pada komputer anda adalah dengan menggunakan live cd Linux.

Salah seorang staff accounting mengalami masalah pada komputernya dimana windows xp yang di gunakan selalu restart sendiri bahkan sebelum dia berhasil login. Padahal komputer tersebut beberapa waktu lalu baru di service dan install ulang.

Pada awalnya saya curiga ada kerusakan hardware pada komputer tersebut, karena saya tidak menemukan kejanggalan dari sisi software.

Berikut adalah langkah-langkah yang saya lakukan dalam memperbaiki komputer tersebut :

  1. Restart windows dan tekan F8 beberapa kali saat boot agar muncul menu safe mode. coba masuk ke safe mode lihat apakah dalam safe mode windows xp juga restart
  2. Gunakan live cd linux, masuk ke bios dan set agar boot pertama dari CD/DVD
  3. Jika ada kerusakan pada hardware komputer, seharusnya pada saat kita boot menggunakan live cd linux komputer kita akan restart terus ataupun mengalamin hang.
  4. Saat saya boot menggunakan live cd pada komputer teman saya hal ini tidak terjadi, sehingga asumsi saya tidak ada kerusakan hardware.

Setelah googling, saya mendapatkan cara berikut untuk memperbaiki windows yang restart terus setelah install update windows xp sp3 :

  1. Masuk ke safe mode dengan cara menekan tombol F8 berkali2 saat boot dan pilih menu safe mode.
  2. Pilih menu Start –> Run dan ketikkan “regedit” (tanpa tanda petik)
  3. Navigasi ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Services\Intelppm
  4. Pada panel sebelah kanan carilah entry yang bernama “start”, klik kanan pada entry tersebut dan pilih modify
  5. Gantilah angka 1 yang ada pada entry tersebut menjadi angka 4
  6. Kemudian simpan dan tutup registry lalu restart komputer anda.

Lihat apakah komputer anda sudah normal kembali. Pada kasus ini saya berhasil menormalkan komputer teman saya.

Semoga anda terbantu.

4 komentar:

  1. tumpang tanya
    kejadiannya sama dengan thread diatas..dicoba masuk safemode tapi tetap tak bisa masuk windows..ada saran?
    terima kasih

    BalasHapus
  2. @irfan : coba boot menggunakan live cd linux untuk ngecek apakah ada problem di hardware.

    jika bisa masuk, lakukan backup data terlebih dahulu. Setelah itu Install ulang mungkin cara paling cepat.

    BalasHapus
  3. thanks bro atas infox saya sauda terapkan di win xp 33 ternyata mantap lactop q sekarang tidak restar terus ,

    BalasHapus