Kamis, 21 Juli 2011

Cara mengantisipasi keylogger yang bisa nge-hack facebook kita

Seringkali kita temukan account facebook atau yahoo mail kita atau teman yang di hack oleh orang tidak bertanggung jawab. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal :

  1. Kita lupa sign out setelah selesai browsing.
  2. Komputer yang kita gunakan di pasang program keylogger.

Program keylogger bekerja dengan cara menyimpan setiap ketikan yang kita lakukan pada keyboard komputer, sehingga mudah sekali bagi si pelaku untuk mengambil alih account kita, hal yang paling fatal adalah mungkin bukan hanya account facebook atau account yahoo mail anda yang di hack, bisa jadi account credit card anda juga bisa di salah gunakan jika anda pernah berbelanja via Online menggunakan Kartu Kredit anda di komputer yang di pasangi keylogger.

Berikut adalah cara ber-internet yang aman :

  1. Selalu ingat untuk melakukan sign out.
  2. Setel opsi sekurity pada account facebook atau  yahoo mail anda, misalnya dengan memasang Security Questions.
  3. Jangan klik link/tautan yang pengirimnya tidak anda kenal/tidak jelas (hacker seringkali mengirimin kita link yang terlihat sangat menarik).
  4. Jangan membuka email dari orang2 yang tidak anda kenal.
  5. Gunakan DNS server seperti OpenDNS atau DNS Nawala untuk mencegah agar kita tidak mengunjungi website berbahaya.

Setelah mengetahui cara kerja keylogger(yang merekam/menyimpan setiap ketikan yang kita lakukan) maka untuk mengantisipasinya adalah sbb :

  1. Jika anda terpaksa mengakses internet di warnet, pastikan anda langsung mengganti password seluruh account anda.
  2. Saat mengetikkan password gunakan onscreen keyboard, di win xp melalui Start – All Program – Accessories – Accesbility – On Screen Keyboard (program keylogger tidak dapat merekam ketikan yang kita lakukan melalui on screen keyboard)
  3. Jika terpaksa menggunakan keyboard, ketiklah password anda dalam urutan acak. Misalnya password anda “jur89s9” maka anda bisa ketik huruf ‘s’ kemudian majukan pointer ke depan, kemudian ketikkan ‘j’ dan seterusnya, sehingga program keylogger akan terkecoh saat melihat ketikan anda, hal ini karena keylogger merekap setiap ketikan dari kiri ke kanan secara berurutan, sehingga saat kita mengetik password dengan cara di atas maka password yang ter-rekam adalah “sj” dst..

Semoga informasi ini bermanfaat. Pada artikel berikutnya saya akan bahas mengenai program anti keylogger yang akan membantu kita menghadapi program-program merugikan.

Tag Technorati: {grup-tag},

1 komentar:

  1. Wow.. Ternyata begitu ya. Harus hati - hati nich kalo k warnet.

    BalasHapus