Kamis, 15 September 2011

Internet sebagai media promosi

Saat ini adalah era perkembangan internet, Pengguna internet di Indonesia tercatat sebesar 39.6 juta orang, dan Indonesia menduduki peringkat ke-4 terbesar di asia, dimana posisi pertama di pegang oleh RRT disusul oleh India dan Jepang.sumber

Penggunaan internet pada umumnya untuk akses informasi seperti pemberitaan, email,social networking, forum komunitas, pencarian.

Di Era serba praktis ini, orang semakin berkurang untuk pergi ke pusat perbelanjaan ataupun ke toko2 hanya untuk sekedar mencari informasi produk apa yg di jual, fitur, harga, spesifikasi, dll. Semua dilakukan melalui mesin pencari, forum komunitas, toko online, ataupun jejaring social.


Para marketer online mulai dari murid smp, sma bahkan sampai perushaan besar banyak yang sudah mengambil kesempatan ini untuk menambah penghasilan mereka dengan cara memasarkan produk mereka melalui situs komunitas, jejaring social, bahkan sampai grup seperti Blackberry.

Banyak sekali keuntungan dari sisi pembeli, dimana pembeli dapat melakukan perbandingan harga dan dapat mencari informasi sebanyak2nya sebelum membeli, bandingkan dengan jika kita berkunjung ke toko, dan hanya mendapatkan penjelasan seadanya dan tentu sangat melelahkan jika kita harus berpindah dari toko A ke toko toko lainnya untuk mendapatkan apa yg kita inginkan.

Setelah mengetahui perilaku belanja masyarakat yang mulai berubah, Perusahaan sebagai penyedia produk harus memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah profit sekaligus melakukan inovasi mengikuti perkembangan internet. Transaksi belanja online saat ini mencapai miliaran rupiah, mulai dari produk mainan anak, baju, hingga mobil ataupun rumah dapat kita temukan di internet.

Ada beberapa jalur promosi yang dapat di gunakan untuk melakukan pemasaran, misalnya :

1. Website resmi
2. Penyedia Promosi
3. Website Komunitas
4. Jejaring Sosial

Sampai disini dulu artikel ini..

Pada artikel berikutnya akan kita bahas mengenai keamanan berbelanja online dan kelebihan dan kekurangan media promosi yg ada, serta tips agar produk kita mundah di akses oleh calon pembeli..

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai media promosi, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1399/1/50407098.pdf
    trimakasih

    BalasHapus