Kamis, 12 Maret 2009

3 hari bergelut dengan linux

Kelihatannya kebutuhan firewall di kantor sudah sangat mendesak, user yang memiliki akses internet tidak memiliki aturan tertentu dalam penggunaannya, hal ini sangat mengkhawatirkan saya, karena produktivitas kerja teman-teman akan menurun.

Selagi belum ada keluhan dari management tentu saya harus berusaha untuk mengimplementasikan firewall. Untuk saat ini saya masih terus mencari solusi opensource untuk masalah yang saya hadapi, ingin sekali bisa meng-setup sendiri firewall, saya sudah mengunduh berbagai Distro firewall, sebut saja untangle, smoothwall, pfsense, m0n0wall, vyatta, dll.

Sudah 3 hari ini saya bergelut dengan Distro-distro di atas, sudah juga googling sana sini.. sempat juga ingin menyerahkan proyek ini ke pihak vendor, tapi saya mengurungkan niat saat melihat penawaran yang tentu belum bisa di terima oleh management.

Semoga saya bisa cepat mempelajari…

Kelihatannya sih sudah ada titik terang :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar