Sabtu, 07 Februari 2009

Berhasil…

Udah sejak lama pengen berhasil setup pfsense untuk di jadikan firewall di kantor, dari beberapa percobaan sebelumnya semuanya gagal. Saya juga sudah mencari referensi melalui internet dan memang banyak panduan untuk melakukan setup, tapi sepertinya saya yang kurang bisa memahami panduan tersebut.

Masalahnya adalah di modem sudah di setting untuk bridging, dan di pfsense juga sudah di set untuk dial PPoE dengan menggunakan username dan password dari telkom, tetapi setting ini juga belum bisa membuat firewall itu bekerja.

Akhirya saya coba menggunakan IP yang sejajar dengan modem (misalnya IP modem 192.168.1.1, untuk IP WAN pfsense saya set 192.168.1.2), setelah itu saya set IP Lannya misalnya 192.168.0.5 setelah itu di pfsense di set agar Lan di Brige dengan Wan.

Connect… Open-mouthed horee…

Masalah baru yang sekarang adalah Captive Portal, rencanannya nanti setiap user yang login harus menggunakan username dan password. User untuk pfsense udah di daftarkan dan service untuk captive portal sudah di aktifkan. Nah saat saya mao coba akses internet dari client, sudah muncul form untuk login, saya pun login menggunakan account yang sudah saya buat di server, akan tetapi server tidak bisa Redirect ke web yang saya tuju, freeze…

Apakah Captive Portal hanya untuk menangani client wireless?

Untuk firewall by mac address pfsense bisa melakukannya dengan baik. semoga solusi untuk captive portal bisa cepat saya temukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar